Muqadimah Pembentukan Sanad dan Matan-nya


“Dengan Pesantren Ahad Kita Bina Generasi Yang Tafaquh Fiddien Menuju Umat Terbaik”, itu merupakan tema yg di angkat oleh Panitia Pelaksana Pesantren Ahad (P3A). Pesantren Ahad di singkat menjadi “Sanad”, Insya Allah akan dibuka pada hari Ahad, 1 November 2009 oleh Ketua PD. Persis Kota Cimahi pukul 08.00 WIB. kegiatan ini merupakan ide dari PD. Persis dan Persistri Kota Cimahi, dan sebagai panitia pelaksananya (di realisasikan) oleh PD. Pemuda dan Pemudi Persis Kota Cimahi, yang di dukung oleh PZU Unit Cimahi-Selatan.

Mengapa di namakan sanad? Pertama, di singkat agar praktis dan gampang di ingat, Kedua, mengambil dari ilmu Musthalah Hadits, yaitu rangkaian para perowi Hadits (Dari Nabi Saw, ke Sahabat, ke Tabi’in, ke Tabi’ut-Tabi’in sampai kepada Perowi hadits). Adapun Materi Pelajarannya di singkat menjadi “Matan”. Sama alasannya, yaitu: Pertama, di singkat agar praktis dan gampang di ingat, Kedua, mengambil dari ilmu musthalah hadits, yaitu Redaksi Hadits.

Sertifikat Sanad
Sertifikat Sanad

Sebagai pengantar pembentukan Sanad ini, adalah dengan melihat realita problematika umat dan tatanan dunia yg tidak adil, yg diperankan oleh Negara-negara maju dengan kapitalisme sebagai sistem yang mengglobal, di antaranya sekularisme, liberalisasi: Islam, politik, ekonomi, pendidikan, sosial dan kebudayaan. Sehingga memunculkan sikap hedonis, pragmatis, kalau dalam bahasa hadits-nya Hubbudunya wa karohiyatul maut (cinta dunia dan takut mati), dan melahirkan penindasan, penghambaan kepada manusia / syirik. Di lain pihak umat berada dalam garis kemiskinan, pengangguran, Sehingga akan menjerumuskan kepada kekufuran, kejahatan, kemaksiatan, anarkisme dan menjauh dari agama (Islam).

Dan Kezaliman yg di lakukan oleh pihak-pihak yg tidak bertanggung jawab dan minimnya umat Islam untuk menegakkan Amar Ma’ruf dan Nahyi Munkar, melahirkan bencana dan siksaan dari Allah Swt. Apabila kezaliman sudah meluas dalam suatu wilayah, maka akan diturunkan bencana (bala) yang menghancurkan seluruh penduduk yang ada diwilayah itu, termasuk orang-orang yang ta’at. Allah Swt berfirman:
“..Dan peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja diantara kamu… (Q.s. Al-Anfal [8]:25)

Oleh sebab itu, untuk mengantisifasi hal tersebut maka di bentuklah Sanad, agar lebih mengenal dan memahami akan agama Islam (Tafaquh Fiddien) menuju khaera ummah (Q.s. Ali-Imran:110), untuk kemaslahatan umat di dunia dan akhirat. Amin!

Wassalam

Ketua Panitia Pelaksana Pesantren Ahad (P3A)

(Asep Sobirin, S.Pd.I)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s