Nama-nama Neraka


Tentang  neraka Allah menjelaskan dalam firman-Nya :

لَهَا سَبْعَةُ أَبْوَابٍ لِكُلِّ بَابٍ مِنْهُمْ جُزْءٌ مَقْسُومٌ  – الحجر : 44

Jahannam itu mempunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan yang tertentu dari mereka. ( QS. Al-Hijir : 44)

Ibnu Juraj dalam Tafsir Ibnu Katsir  1 : 552 menyusun urutan neraka dari yang terberat sampai yang teringan :

  1. Jahanam

Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir. Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : “Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan.” Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun. ( QS. Fathir: 36-37 )

  1. Ladlo

Sekali-kali tidak dapat, sesungguhnya neraka itu adalah api yang bergolak, yang mengelupas kulit kepala, yang memanggil orang yang membelakang dan yang berpaling (dari agama), ( QS. Al-Ma’arij : 15-17 )

  1. Hutomah

Dan tahukah kamu apa Huthamah itu? (yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan, ( QS. Al-Humazah : 5-6)

  1. Sa’ir

Dan mereka berkata: “Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al-Mulku : 10 )

  1. Saqar

“Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?”  Mereka menjawab: “Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, (QS. Al-Mudatsir : 42-46)

  1. Jahim

Adapun orang yang diberikan kepadanya kitabnya dari sebelah kirinya, maka dia berkata: “Wahai alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku kitabku (ini). Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku. Wahai kiranya kematian itulah yang menyelesaikan segala sesuatu. Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat kepadaku. Telah hilang kekuasaanku daripadaku.” (Allah berfirman): “Peganglah dia lalu belenggulah tangannya ke lehernya. Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. Kemudian belitlah dia dengan rantai yang panjangnya tujuh puluh hasta. Sesungguhnya dia dahulu tidak beriman kepada Allah Yang Maha Besar. Dan juga dia tidak mendorong (orang lain) untuk memberi makan orang miskin. Maka tiada seorang temanpun baginya pada hari ini di sini. Dan tiada (pula) makanan sedikitpun (baginya) kecuali dari darah dan nanah. (QS. Al-Haqqah : 25-36)

  1. Hawiyah

Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (QS. Al-Qari’ah 6-11).

Setiap pintu neraka itu sudah mempunyai quotanya atau jatah  masing-masing.

Tentang panasnya api neraka dijelaskan oleh Nabi saw :

نَارُكُمْ جُزْءٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ نَارِ جَهَنَّمَ – ر البخاري  عن ابي هريرة

Api kamu hanya sebagian dari tujuh puluh bagian api jahanam. ( HR. Al-Bukhari dari Abi Hurairah ra ).

Untuk sekedar membayangkan betapa dahsyatnya panas api neraka, kita bisa ambil perbandingan , air yang mendidih jika diukur dengan termometer Celcius panasnya sekitar 100 derajat Celsius. Besi baja jika ingin cair cukup dengan panas 1535 derajat Celsius.  Panasnya lapisan Corona, bagian paling luar dari matahari diperkirakan 6000 derajat Celcius. Sementara  lapisan  Potospera, lapisan paling dalam dari Matahari diperkirakan panasnya mencapai 50 juta derajat Celcius.  Nabi saw menyebutkan bahwa panasnya neraka itu 70 kali panasnya api dunia. Coba bayangkan jika dikalikan dengan 50 juta derajat saja, betapa dahsyatnya panas api neraka itu ? Masya Allah, Na’udzu billah min dzalika.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s